Senin, 30 Juli 2012

Jumlah Pendaftar UMPN PNUP 2012 sebanyak 3. 046

Makassar, 13 Juli 2012 – Sebanyak 3.046 calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) siap bersaing melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) yang digelar secara bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia pada Sabtu, 14 Juli 2012. Jumlah tersebut diperoleh berdasarkan formulir yang dikeluarkan oleh panitia pendaftaran UMPN PNUP di hari terarkhir pendaftaran dibuka pada Kamis, 12 Juni 2012.
Untuk tahun akademik 2012/2013, PNUP berencana akan menerima mahasiswa sebanyak 990 orang melalui beberapa jalur yang disediakan antara lain Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), Jalur Pemanduan Potensi Belajar (JPPB), Beasiswa Bidik Misi, dan Kelas Kerja Sama PLN.  Khusus untuk JPPB, Bidik Misi, dan Kelas Kerja Sama PLN dan Toyota Kalla masing-masing telah mempunyai kuota calon mahasiswa baru yang telah tersaring beberapa waktu sebelumnya sehingga jumlah calon yang akan diterima melalui jalur ujian tulis otomatis akan berkurang. Sisa kuota yang akan diperebutkan di UMPN PNUP 2012 tersisa 675.
“Pelaksanaan UMPN PNUP dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan begitu pula dengan hasil kelulusan nanti sehingga diimbau kepada para peserta yang akan mengikuti UMPN PNUP untuk tidak mudah percaya atau tertipu dengan oknum-oknum tertentu yang memberikan iming-iming kelulusan”, demikian disampaikan Dr. Pirman, M. Si. selaku Direktur PNUP.
Pelaksanaan UMPN PNUP yang  bertempat di Kampus PNUP akan dimulai tepat pukul 08.30 WITA untuk kelompok bidang studi rekayasa dan  pukul 13.30 WITA untuk kelompok bidang studi tata niaga. Mata pelajaran yang diujikan baik untuk program D3 maupun D4 kelompok bidang studi rekayasa adalah matematika, fisika, kimia, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris sedangkan untuk kelompok bidang studi tata niaga adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, ekonomi, dan akuntansi
Pengumuman hasil UMPN secara serentak di semua Politeknik Negeri se-Indonesia akan diumumkan pada Jumat, 20 Juli 2012 melalui website PNUP dan harian lokal kota Makassar. Pengumuman tersebut mundur dua hari dari jadwal yang ditetapkan semula yaitu pada Rabu, 18 Juli 2012 berdasarkan hasil kesepakatan Forum Direktur politeknik Negeri se-Indonesia. Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus harus melakukan registrasi ulang mulai 23 s.d. 24 Juli 2012.
Sebelum mengikuti perkuliahan, calon mahasiswa baru PNUP terlebih dahulu mengikuti Pekan Orientasi dan Pengenalan Sistem Pendidikan Politeknik (POPSDIK) 2012/2013 yang akan dilaksanakan di akhir Agustus atau awal September. Pelaksanaan POPSDIK untuk maba 2012/2013 sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya materi POPSDIK hanya meliputi Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi dan Pengembangan Spritualitas Mahasiswa, tahun ini ditambah dengan materi Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK).  Materi LDK sengaja ditambahkan sebagai upaya pembentukan karakter kedisiplinan dan ketangguhan para mahasiswa baru. Melalui LDK juga diharapkan para mahasiswa baru dapat lebih mengembangkan sikap berani, jujur, dan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar