Minggu, 07 Oktober 2012

Mengapa Harus Takut Gagal ?



Pernah tidak merasakan kegagalan dalam hidup? Jawabannya pasti pernah. Karena orang yang tidak pernah gagal adalah orang yang tidak pernah mencoba sesuatu yang baru. Hidup itu tak selalu mulus. Pepatah Inggris mengatakan “Life is never flat”. Tepat sekali, dalam hidup tidak ada yang datar-datar saja.
Terkadang kegagalan itu membuat kita menjadi takut untuk mencobanya lagi. Semua hal-hal negatif yang sebenarnya mungkin tidak terjadi, kita yakini seakan-akan hal itu akan terjadi. Rasanya kaya takut gagal lagi kalau kita mencobanya. Padahal belum tentu kita akan gagal lagi.
Adalah sebuah benar bahwa perasaan takut gagal akan mencegah kita untuk mengarungi pengalaman hidup yang sangat banyak. Takut gagal juga dapat menggagalkan probabilitas untuk hidup sukses. Sayang sekali kalau kemungkinan-kemungkinan untuk hidup sukses hilang begitu saja hanya karena kita gagal sekali dalam sesuatu hal dan kita takut untuk mencobanya lagi.
Perasaan takut gagal adalah hal yang mesti kita hilangkan dalam hidup. Karena hal tersebut menggambarkan sisi gelap jiwa kita. Kita harus percaya bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Mungkin kata-kata itu sepertinya sudah sering kali terdengar di telinga kita. Tapi apakah kita yakin, kalau kata-kata itu sangat kita percaya ketika kita sedang merasakan pahitnya sebuah kegagalan.
Semua pasti tahu kan Thomas Alfa Edison???
Seandainya ia takut terhadap kegagalan dan mengangggap bahwa kesuksesan adalah bukti dari kepakaran diri, niscaya bumi ini akan gelap gulita. Karena kalau ia takut akan kegagalan, pasti ia berhenti pada percobaan pertamanya. Ingatlah, kesuksesan bukanlah bukti dari kepakaran diri. Melainkan hasil dari kegigihan hati + keikhlasan terhadap kehendak Tuhan. Seorang yang gagal bukan berarti tidak pakar dalam hal yang dilakukan dan diusahakannya. Mungkin saja Tuhan sedang mempersiapkan kesuksesan yang lain yang Kita tidak tahu. Who knows??
Sumber: azzahrachemistry.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar